Sunday 31 July 2016

Siskeudes - Penganggaran - Perubahan Anggaran

Video Tutorial Aplikasi Sistem Tatakelola Keuangan Desa (Siskeudes)

Tahap Penganggaran - Perubahan Anggaran



Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Hanya boleh dilakukan 

satu kali dalam setahun. Untuk itu sebelum melakukan perubahan anggaran maka desa harus terlebih dahulu berkoordinasi dengan Bagian Pemerintahan Nagari / Desa atau instansi terkait untuk memastikan apakah perubahan tersebut sudah bisa dilaksanakan atau belum.


Sebelum melakukan perubahan APBDesa, Perhatikan Ketentuan-ketentuan Sebagai Berikut.





1. PERUBAHAN APBDesa :

- Keadaan yang menyebabkan hrs dilakukan pergeseran antar jenis belanja;
- Keadaan yg menyebabkan sisa lebih perhitungan anggaran (SILPA) tahun sebelumnya
  harus digunakan dalam tahun berjalan;
- Terjadi  penambahan dan atau pengurangan dalam Pendapatan Desa pada tahun 
   Berjalan.
- Terjadi peristiwa khusus, seperti bencana alam, krisis politik, krisis ekonomi, dan/atau 
   kerusuhan sosial yang berkepanjangan.
- Perubahan mendasar atas kebijakan Pemerintah dan Pemda.

2. Perub. APBDesa  hanya dapat dilakukan 1 kali dlm  1 T.A, kecuali dalam keadaan
    darurat dan/atau luar biasa;


3.Tata cara pengajuan perubahan APBDesa adalah sama dengan tata cara  penetapan pelaks.  APBDesa. 

386 comments:

  1. mohon petunjuk cara jika yang mau di PAK satu kegiatan ( satu RAB diganti semua kegiatanya dengan kegiatan yg baru ) pada aplikasi siskeudes, terimakasih

    ReplyDelete
  2. Kegiatan lama tidak dihapus. Cukup nilainya saya di nol kan. Bisa satuan nya fijadikan nol atau harga satuan peritemnya. Sehingga nilai total rab bersangkutan menjadi nol setelah perubahan. Atau total nilai pak menjadi megatif sebanyak total rab sebelumnya
    Setelah itu baru buat kegiatam baru sesuai dengan sisa dana yg dialihkan tersebut.
    Lebih akuratnya lihat kembali sisa anggaran persumber dana pada menu laporan-penganggaran-rab/ringkasan persumberdana.

    ReplyDelete
  3. mohon petunjuk, ketika melakukan posting gagal dan muncul pesan Ta. anggaranrinciansatuan.cannot be zero-lenght string

    ReplyDelete
  4. Error tersebut karena pada saat entry data anggaran pada detil rekening terdapat kolom (filed) yang kosong pada kolom satuan.
    contoh Honor = 12 bulan @ 2.000.000 (dalam hal ini tulisan
    bulan pada kolom satuan tidak terisi)
    ATK = 1 Ls @ 5.000.000 ( LS nya tidak diinput)

    Periksa kembali Pada Menu Pendapatan, Belanja dan Pembiayaan.

    Mudahnya cek di Laporan Anggaran-Rincian RAB. disana akan terlihat angka (nilai) yang tidak ada satuannya seperti (LS, buah, bulan, rim, paket dll)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima Kasih banyak Pak Syafrudin Kenon, baru saja Bendahara Desa Saya Kebingungan Karena APBDes Perubahan tidak bisa di posting, dan informasi bapak sangat membantu.

      Delete
    2. Sama sama pak Zagio. Senang bisa membantu

      Delete
    3. Maaf pak, mau bertanya lagi ne, pada laporan realisasi persumber dana untuk belanja honorarium sudah tampil nominal pada kolom realisasi, padahal belanja honorarium tersebut belum dicairkan pada penatausahaan-pencairan

      Delete
    4. Maaf pak, mau bertanya lagi ne, pada laporan realisasi persumber dana untuk belanja honorarium sudah tampil nominal pada kolom realisasi, padahal belanja honorarium tersebut belum dicairkan pada penatausahaan-pencairan

      Delete
    5. Sebelumnya maaf. Ini kasus pertama yg disampaikan ke saya. Jadi saya blm mereview tentang itu.
      Seharusnya realsasi baru terjadi kalau sudah dilakukan pencairan.
      Saya blm bisa memastikan penyebabnya. Apakah karena kelemahan aplikasinya atau ada kesalahan dalam pengentrian data.
      Saran saya segera update ke versi terbaru. Saat ini V1.2.R.1.0.4.
      Ada beberapa kemumgkinan.
      1. Data tidak ter refresh. Solusinya coba lakukan pencairan, kemudian hapus lagi pencairannya.
      Atau coba hapus spp nya. Jika spp panjar pastikan hapus dulu spjnya.

      2. Permasalahan yg bisa terjadi kalau spp panjar. Ketika spp telah di spj kan ternyata salah, dan dilakukan penghapusan spp tanpa tetlebih dahulu menghapus spj nya. Spp tersebut bisa terhapus sehingga dalam aplikasi spp tersebut dianggap sudah tidak ada, namun kwitansi atau spj nya tetap mempengaruhi nilai realisasi.

      Delete
    6. Ini posisinya di spp definitif, dan saya sudah cek spj panjar dalam keadaan kosong.

      Delete
    7. Poin no 1, sudah saya coba tapi belum berhasil.
      Lanjutan pertanyaan saya, anehnya lagi saat cetak spp 2 pada spp definitif masih ada sisa anggaran, ketika mau menambahkan spp bahwa rincian spp honorarium 00.

      Delete
    8. Apakah masalah ini terjadi di satu spp itu saja? Dan
      Sudah coba menghapus spp nya?
      Kalau cuma terjadi di satu spp itu saja dan setelah dihapus pun spp tersebut masih terlihat direalisasinya, maka kemungkinan gara2 spp panjar yang sudah dihapus, namun masih menyisakan spj.
      Namun jika terjadi di semua spp yg belum dicairkan, dan ketika dihapus sppnya realisasi juga hilang maka ini harus kita pertanyakan kepada yg buat aplikasi

      Delete
    9. Poin no 1, sudah saya coba tapi belum berhasil.
      Lanjutan pertanyaan saya, anehnya lagi saat cetak spp 2 pada spp definitif masih ada sisa anggaran, ketika mau menambahkan spp bahwa rincian spp honorarium 00.

      Delete
    10. Ini posisinya di spp definitif, dan saya sudah cek spj panjar dalam keadaan kosong.

      Delete
    11. Ini posisinya di spp definitif, dan saya sudah cek spj panjar dalam keadaan kosong.

      Delete
    12. Maksudnya rincian spp 00 itu anggaran sudah habis gitu? Kalau iya kemungkinannya sbb.
      1. Bisa saja ada spp yang telah dibuat untuk rekening bersangkutan.
      2. Kalau sudah yakin tidak ada spp yg menggunakan rek. Tersebut, berarti kemungkinan besar adalah gara2 spp panjar yg sudah dihapus tanpa menghapus spj nya.

      Delete
    13. Hanya satu spp saja.
      iya rincian spp sudah habis, tetapi kalo kita cetak SPP 2 masih ada sisa anggarannya.
      Untuk spj panjar sudah di hapus bersih.

      Delete
    14. Hanya satu spp saja.
      iya rincian spp sudah habis, tetapi kalo kita cetak SPP 2 masih ada sisa anggarannya.
      Untuk spj panjar sudah di hapus bersih.

      Delete
    15. Hanya satu spp saja.
      iya rincian spp sudah habis, tetapi kalo kita cetak SPP 2 masih ada sisa anggarannya.
      Untuk spj panjar sudah di hapus bersih.

      Delete
    16. Coba hapus spp tersebut, setelah dihapus apakah masih ada realisasi?
      Kalau setelah dihapus, ternyata masih ada di realisasi berarti perbaikannya tidak bisa lagi melalui siskeudes, tapi harus masuk ke databasenya. Tapi ketika spp dihapus dan direalisasi juga hilang berarti asumsi No 2. Tidak berlaku

      Delete
    17. Sudah saya coba hapus spp tersebut namun pada realisasi masih tetap ada, trus klo hapus di database bagaimna langkah-langkah.a ?

      Delete
    18. Sudah di cek semua spp. Barangkali ada salah entri yg menggunakan rekening tersebut.
      Kalau yakin tidak ada spp yg salah berarti dugaan saya benar itu terjadi karena rekening tersebut pernah dibuat pada spp panjar kemudian spp tsb dihapus tanpa terlebih dahulu menghapus spj nya. Sehingga SPJ yang tertinggal tidak bisa dihapus lagi karena Spp yg menjadi dasar acuannya sudah terhapus.
      Ini salah satu kelemahan siskeudes, Spp panjar bisa dihapus tanpa menghapus spj.
      Spj tersebut harus dihapus langsung dari database.
      Pekerjaan ini cukup rumit. Kalau salah perlakuan data malah bisa berantakan.
      Kalau berkenan silahkan kirim database tersebut kepada saya untuk dianalisa.

      Delete
    19. Kirim via email atau gimna ?
      Insaallah nanti malam,

      Delete
    20. Emailkan ke oedean78@gmail.com
      Sebaiknya dicompress rar atau zip.
      Sebutkan nama kecamatan dan desanya

      Delete
    21. Emailnya blm saya terima. Coba ulangi lagi. Biasanya emang rewel kalau ngirim file tercompress. Sebelum dikirim ubah dulu extention file menjadi .ras atau .sar atau lainnya agar nggak diblokir sama email clientnya

      Delete
    22. Sudah saya kirim lagi pak, email yahoo saya pake. Klo belum masuk juga sms saya ke 082339066707

      Delete
    23. This comment has been removed by the author.

      Delete
    24. Sudah saya perbaiki. Dan di emailkan

      Delete
    25. Saya sudah terima email.a pak. Saya bersyukur sekali. terima kasih banyak.

      Delete
  5. Pak Syafrudin,

    Bagaimana cara kita memindahkan data yang sudah kita entrykan ke desa lain? misalnya saya udah entry Penganggaran pada Desa A hasil entryan saya tersebut saya ingin Pastekan ke Desa B bisa tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya tidak bisa. Soalnya data entry an tersebut di indeks beedasarkan kode desa. Siskeudes tidak menyediakan fitur tersebut. Kecuali jika kita maennya langsung dari databasenya.

      Delete
  6. Siang pa , kenapa di sp panjar tdk bisa di print?,,tks

    ReplyDelete
  7. Yang gak bisa dicetak apa nya pak? Setau saya untuk print spp belum ada yg melaporkan ada masalah.

    ReplyDelete
  8. Siang pak Syafrudin

    Untuk database aplikasinya bisa didapat dari mana ya? saya dari Kebumen, Jawa Tengah

    ReplyDelete
  9. Database disediakan oleh bpkp setempat. Database dikunci untuk kabupaten tertentu. Jadi kabupaten ibu harus kerjasama dulu dengan bpkp setempat baru bisa mendapatkan database dimaksud

    ReplyDelete
  10. Siang Pak Syafrudin..
    saya di Ambon... Saya mau nanya..
    saya sudah posting perubahan anggaran... namun di spp anggaran masih 00
    mungkin Bpk ada Solusi... Trims

    ReplyDelete
  11. Periksa lagi apakah sudah di posting pada tahap 2 atau tahap anggaran awal.

    Kalau sudah, pastikan tanggal spp diatas atau sama dengan tanggal posting tersebut.

    Jika yg dimaksud perubahan anggaran berarti harus diposting lagi untuk tahap 3 atau tahap perubahan

    ReplyDelete
  12. Mau tanya Bang Syafrudin di aplikasi siskeudes pada Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa di sub kegiatannya apakah bisa dibuat rab sub lagi?, kalau yang di Bidang Pelaksanan Pembangunan Desa bisa, tapi kalau yang di Bidang Masyarakat Desa saya cari-cari caranya kok tidak bisa, apa saya yang tidak bisa atau memang kelemahan aplikasi yang kurang sempurna, mohon pencerahannya kang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya di siskeudes RAB sub itu adanya hanya pada rekening belanja modal, jadi bukan tergantung bidangnya. Dibidang pemberdayaan pun bisa dibuat RAB sub kalau ada rekening belanja modal dlm kegiatan bersangkutan.

      Jika yg bapak maksud ingin membuat sub kegiatan pada rekening kegiatan yang bukan merupakan nelanja modal maka mungkin cara kami bisa dipakai. Yaitu menambahkan langsung uraian sub kegiatan pada detail rekening belanja.

      Contoh

      Kegiatan pembinaan pemuda dan olah raga diperuntukan pada sub kegiatan seperti pembinaan oganisasi pemuda. Dan yg kedua pembinaan olah raga masyarakat desa.

      Misal kita mau membuat rekening belanja makan. Jadi untuk memasuian ke aplikasi siskeudes sbb:

      5.1.x Belanja makan dan minum 2.000.000
      01. Belanja makan dan minum pembinaan organisasi pemuda
      02. Belanja makan dan minum pembinaan olahraga masy. Desa

      Delete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. saya ingin tanya.
    1. bagaimana cara mengembalikan anggaran yang sudah pernah kita tarik sebelumnya di siskeudes?
    2. apakah bisa kita rubah sumber dana yg sebelumnya ADD ke sumber dana PBK di APBD perubahan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Jika yg dimaksud penarikan adalah pencairan anggaran melalui spp maka:
      a. Jika dana ditarik dg spp panjar, maka spp panjar tersebut kita anggap batal dibelanjakan maka seluruh spp akan menjadi sisa panjar. Kemudian lakukan pengembalian sisa panjar, maka dana tersebut akan kembali ke anggaran.
      b. Hal ini tidak akan terjadi pada spp defenitif. Karena esensinya spp definitif dibuat berdasarkan bukti2 transaksi yang telah ada (sudah definitif) karena belanja tersebut telah benar2 tejadi dan dibuktikan dengan spj tsb.

      c. Tapi jika spp panjar tersebut telah di spj kan atau spp definitif yang sudah dicairkan dan telah terlaporkan, terus terang kami blm pernah mencoba, tapi menurut kami ketidak sempurnaan atau permasalahan2 dalam pencatatan seharusnya bisa mrlalui menu jurnal penyesuaian.
      Terima kasih sumbangan masalahnya, mari sama2 kita prlajari kasus tsb. Di siskeudes

      2. Bisa.
      Caranya pada saat perubahan, jangan langsung ditukar sumber dananya. Tapi detil pada sumber dana awal di nol kan dulu baru dibuat detil baru sesuai sumber dana seharusnya
      Contoh
      Awal :
      01. atk 1 ls add 2.000.000 = 2.000.000

      Perubahan
      01. Atk 0 ls add 2.000.000 = 0
      02. Atk 1 ls pbh 2.000.000 = 2.000.000.

      Delete
    2. alhamdulillah pertanyaan nomor 2 sudah berhasil pak.
      terima kasih atas jawabannya.

      dan yang untuk pertanyaan saya nomor 1, ada dijawaban pak syarfruddin yang C.
      sampai sekarang saya belum juga berhasil mengembalikan sumber dana tersebut.
      saya ada kirim database ke email pak syafruddin.
      terima ksh atas bantuannya.

      Delete
    3. Email sudah saya terima
      Tapi maaf belm bisa saya pelajari soalnya laptop saya ada dikantor
      InshaAllah saya akan coba bantu tapi saya tidak bisa janji disegerakan. Soalnya ini benar2 belum pernah saya coba.
      Mudah2an saya bisa menemukan solusinya
      Tolong info kan no spp yg mau dibatalkan tersebut

      Delete
    4. aaminn..
      nomor SPP nya sudah saya kirim melalui email, pak.
      terima kasih atas bantuannya.

      Delete
    5. Sudah saya coba. Saat dijurnal memang realisasi anggaran berkurang. Tapi tidak otomatis menambah atau kembali jadi saldo di mata anggaran.
      Akibatnya tidak bisa lagi dibuat spp atas dana yg sudah di kembalikan.
      Seharusnya jika terjadi pengembalian belanja atau kontra post biasanya dana tersebut kembali ke saldo anggaran
      Tapi saya tudak menemukannya di siskeudes.
      Jika dana tersebut tidak akan digunakan lagi atau menjadi silpa. Metode jurnal bisa menyelesaikan masalah.
      Jika akan dibuatkannlagi spp nya. Jurnal tidak membantu.
      Solusi yg saya lihat hanya menghapus kembali spp tersebut.
      Tapi ini bertentangan dengan kaidah akuntansi

      Delete
  15. ass pak saya bendahara nagari sayan ingin membuat SPP kegiatan devenitif suatu kegiatan tp sewaktu saya ingin membuatnya du sub kegiatan tersebut kosong blank semuanya apa penyebabnya pak makasih

    ReplyDelete
  16. mohon pencerahan pak Syafrudin
    Saya ingin input data dari renstra s/d penganggaran di tahun ini (2017). tapi ketika saya masuk ke sub menu isian data anggaran di menu data entry yang muncul tahun anggaran 2016.
    Bagaimana merubah tahun anggaran dari ta. 2016 ke ta. 2017?
    terima kasih pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Artinya database yg digunakan masih tahun 2016. Agar bisa digunakan di 2017 maka harus diminta database tersebut ke admin kabupaten

      Delete
    2. ok. terima kasih informasinya pak. data data yang sudah terisi di tahun 2016 bisa langsung masuk di tahun 2017 apa saya harus ngisi ulang pak?

      Delete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. Assalamu Alaikum, mohon maaf sbelumx sya bru blajar aplikasi ini sya mw tax bgaimana cara penomoran pencairan SPP...

    ReplyDelete
  19. Penomoran disesuaikan kebutuhan. Yg pasti nomornya 4 digit ditambah kode 4 digit. Kode desa 4 digit dan tahun 4 digit

    Contoh pencairan tunai
    0001/cash/01.13/2016

    Contoh pencairan melalui bank
    0002/bank/01.13/2016

    Lihat ditutorial spp panjar juga ada

    ReplyDelete
  20. Trimakasih sebelumx pa sdah sangat membantu... Sya dari Sulawesi Tengah Kab.Donggala....

    ReplyDelete
  21. Trimakasih sebelumx pa sdah sangat membantu... Sya dari Sulawesi Tengah Kab.Donggala....

    ReplyDelete
  22. 1). Pa bgaimna carany data hsil inputan dr komputer A, bs dpindahkan k komputer B, tanpa hrus input ulang dr awal. Mks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya asumsikan bapak mau mengganti komputer, dengan artian data dipindah ke komputer baru dan komputer lama tidak dipakai lagi.
      Caranya bisa dengan langsung meng copy kan data base ke komp baru dan melalukan koneksi data lagi.
      Atau lakukan eksport data dari komputer lama dan dilakukan import di komp baru.

      Jika yg bapak maksud supaya bisa digunakan pada lebih dari satu komputer maka database harus disharing supaya bisa digunakan bersama2 atau multiuser.
      Untuk itu terlebih dahulu harus diseting jaringan atau LAN nya

      Delete
  23. Pak syafrudin kenon mau tanya.
    Pada SPP Definitif, saya mau merubah tanggal bukti pengeluaran SPP, tapi tidak bisa berubah dengan peringatan "pagu anggaran RAB tidak mencukupi"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan tgl yg baru diatas tanggal posting. Jika masih anggaran awal berarti harus diatas tanggal posting angg awal. Begitu juga kalau perubahan.

      Pastikan juga postingnya tidak terhapus.

      Dan pastikan juga anggarannya tidak dikurangi

      Delete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  25. Maaf pak tlg pencerahannya.
    Pak, kami sebelumnya sudah input spp panjar kegiatan dan terdapat pengembalian sisa panjar yg dikembalikan kepada bendahara. Setelah itu kegiatan tsb diadakan melalui spp definitif. Namun setelah dihapus di spp panjar, pengembalian sisa panjar muncul kembali di bku.

    ReplyDelete
  26. Maaf pak tlg pencerahannya.
    Pak, kami sebelumnya sudah input spp panjar kegiatan dan terdapat pengembalian sisa panjar yg dikembalikan kepada bendahara. Setelah itu kegiatan tsb diadakan melalui spp definitif. Namun setelah dihapus di spp panjar, pengembalian sisa panjar muncul kembali di bku.

    ReplyDelete
  27. Maaf pak tlg pencerahannya.
    Pak, kami sebelumnya sudah input spp panjar kegiatan dan terdapat pengembalian sisa panjar yg dikembalikan kepada bendahara. Setelah itu kegiatan tsb diadakan melalui spp definitif. Namun setelah dihapus di spp panjar, pengembalian sisa panjar muncul kembali di bku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masalah itu terjadi karena spp panjar sudah dihapus tanpa terlebih dahulu menghapus pengembalian panjar, pajak,dan spj panjar.
      Akibatnya sisa panjar spj dan pajak tadi masih tertinggal disistem tapi sudah tidak bisa dilihat karena spp yg menjadi dasarnya sudah hilang.
      Solusinya cuma 2
      1. Hapus semua data penatausahaan. (Pengosongan data)
      2. Masuk langsung ke database. Dan data dihapus dari database.

      Opsi yang ke 2. Agak rumit, dan beresiko data jadi kacau bahkan bisa hilang sama sekali.

      Jika tidak ingin mengosongkan data maka silahkankan kirim databasenya ke saya
      Saya akan coba bantu

      Delete
  28. Pak, mhon maaf x ini pak, bisa kira2 minta nmr hp bpk. Atau klo memang privaci tlg bpk mcl atw sms ke nmr saya 085359341650. Mnta tlg x pak.

    ReplyDelete
  29. Pak, mhon maaf x ini pak, bisa kira2 minta nmr hp bpk. Atau klo memang privaci tlg bpk mcl atw sms ke nmr saya 085359341650. Mnta tlg x pak.

    ReplyDelete
  30. Replies
    1. Email sudah saya terima. Nanti dikantor sya cek.

      Delete
    2. Datanta sudah saya perbaiki dan sudah di emailkan kembali
      File database asli di ganti dulu namanya untuk cadangan
      Fike yang saya kirim ganti ekstensinya menjadi .rar
      Ekstrak, dan file apbess2016 yg diekstrak tadi letakan di folder data sebelumnya.
      Boleh juga ditempatkan di folder baru tapi lakukan lagi koneksi data.
      Menu file-koneksi data-kemudian arahkan ke folder baru tersebut.
      Bisa juga lihat video saya tentang install siskeuded

      Delete
  31. Selamat pagi pak syafrudin,
    Ada kejadian bendahara desa menyetor silpa tahun 2015, namun tidak mengimput pada APBDESnya. Dan sekarang bingung bagaimna perlakuannya ?, mohon penjelasan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya asumsikan pada anggaran tidak ada pembiayaan1 atau penerimaan silpa, tapi twrnyata ada silpa yg harus diinput.
      Solusinya
      Silpa tadi tidak lagi diinput pada saldo awal, tapi langsung dilakukan di penerimaan bank atau tunai sesuai dengan kondisi pada awal 2016
      Sumber pendapatannya harus silpa.
      Masalahnya rekening silpa tidak ada di dalam anggaran
      Maka. Silahkan kembali lagi ke anggaran awal, kemudian tambah penerimaan silpa pada pembiayaan1. Tapi nilainya diisi 0
      Jangan lupa posting lagi anggaran awalnya

      Delete
  32. Terima kasih pak syafrudin.
    Penjelasan-penjelasan pak syafrudin atas pertanyaan kami sangat membantu.

    ReplyDelete
  33. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  34. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  35. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  36. Ini kita mengisi anggaran awal-pembiayaan1 nilainya 0, kemudian melakukan penatausahaan pada penerimaan bank menginput nominal silpa yg ada (sama perlakuannya dengan pendPatan bunga). Kemudian pada laporan realisasi lebih besar realisasi daripada pagu anggaran. Bagaimna perlakuan selanjutnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak masalah. Penerimaan berlebih dari yg dianggarkan. Sama halnya dengan penerimaan bunga.
      Seharusnya kalo ada kejadian spt ini dilakukan penyesuaian pada saat perubahan
      Yg tidak boleh adalah pengeluaran melebihi penerimaan

      Delete
  37. Klo untuk tutorial kekayaan milik desa belum ada yaa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih blm pak. Saya buat tutorial sesuai kondisi daerah kami.
      Saat ini masih fokus ke penganggaran dan penatausahaan
      Belum nemu waktu yg pas untuk explore kekayaan desa
      Intinya kekayaan desa dimulai dengan menginput saldo awal, baik aktiva lancar seperti kas, bank, sampai akun2 lainnya sesuai kaidah neraca di akuntansi
      Sementara untuk tahun berjalan data kekayaan desa otomatis terupdate dari perkembangan transaksi yg mempengaruhi langsung akun neraca atau dengan dilakukannya penjurnalan

      Delete
  38. Pak syafrudin. Kami di kabupaten sumbawa barat- ntb. untuk melakukan penarikan dari bank diharuskan menggunakan SPP. setelah kami hampir selesai seluruh penatausahaan siskeudes. ternyata ada masih sisa anggaran yg kami tidak cairkan di bank, tetapi di lapangan kami sudah merealisasikan seluruh belanja pada beban anggaran. Pertanyaan saya apakah boleh sisa anggaran tersebut kami cairkan pada bulan januari ini ?

    ReplyDelete
  39. Pak syafrudin. Kami di kabupaten sumbawa barat- ntb. untuk melakukan penarikan dari bank diharuskan menggunakan SPP. setelah kami hampir selesai seluruh penatausahaan siskeudes. ternyata ada masih sisa anggaran yg kami tidak cairkan di bank, tetapi di lapangan kami sudah merealisasikan seluruh belanja pada beban anggaran. Pertanyaan saya apakah boleh sisa anggaran tersebut kami cairkan pada bulan januari ini ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya uang tersebut tidak boleh ditarik lagi karena telah berakhirnya tahun anggaran.
      Pengeluaran hanya boleh dilakukan jika sudah tersedua anggaran. Seluruh sisa yg tidak dicairkan atau belum dicairkan atau lupa mencairkan adalah silpa.
      Mengenai pekerjaan yang sudah selesai tapi uangnya belum dicairkan seharusnya kembali dianggarkan dalam apndes tahun berikutnya.
      Karena pekerjaan sudah final maka seluruh dana yang belum ditarik terkait pekerjaan terbut merupakan hutang desa.
      Hutang inilah yang harus dianggarkan di tahun anggaran berikutnya untuk mendanai kegiatan yg telah selesai pada tahun sebelumnya tersebut.
      Dan pencairannya adalah setelah apbdes disahkan.
      Untuk prakteknya
      Saya belum pernah melakukannya fi siskeudes.
      Ada baiknya dikonsultasikan dengan pihak kabupaten.
      Dalam beberapa kasus, desa tetap melakukan penarikan dana tersebut pada awal tahun berikutnya. Ini tidak sesyai dengan kaidah pembukuan, namun yg berwenang menyatakan ini salah atau benar adalah pemeriksa.
      Konsultadikan lebih lanjut dengan pihak twrkait untuk menghindari temuan2 pemeriksaan nantinya

      Delete
  40. Mohon bantuan pak.kl mau mengganti tahun anggaran dr 2016 menjadi 2017 bgmana? Dikarenakan jarak sy jauh dr kabupaten.mohon bisa di bantu cara manualnya.terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk update 2017 harus dilakukan pengosongan data 2016. Kemudian di impor file .sml kabipaten masing2.
      1. Pastikan bapak punya fike sml nya. (Yg punya file ini admin kabupaten masing2)
      2. Lakukan pengosongan data. Tapi sebelumnya pastikan dulu data 2016 sudah di backup atau diamankan
      3.lakukan import parameter .sml nya

      Jadi intinya bapak jarus menghubungi admin kabupaten.
      Minta saja file nya via email

      Delete
    2. pak saya sudah emailkan databese saya tolong dibantu menghilangkan sisa panjar yang masih terlihat dilaporan.terimakasih

      Delete
    3. Sudah saya perbaiki dan sudah di emailkan kembali

      Delete
  41. Tanya....cara belanjakan admin/bunga bank gmn?

    ReplyDelete
  42. Belanja admin bank diinput pada menu mutasi kas. Begitu juga bunga dan pajak rekening.
    Imtinya apa yang tertera pada buku rekening di input ke siskeudes.
    Silahkan dilihat lagi video tentang penerimaan desa

    ReplyDelete
  43. Pak syafrudin...
    Pada SPP Definitif, saya mau tambah bukti pengeluaran SPP, tapi tidak bisa bisa tersimpang dengan peringatan "pagu anggaran RAB tidak mencukupi" Saya sudah cek bukti SPP sebelumnya seharusnya masih ada sisa anggaran dari Perencaan RAB.
    Mohon Bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada beberapa kemungkinan
      1. Ada spp kegiatan tersebut yg sudah dibuat tapi belum dicairkan.
      2. Anggarannya memang tidak mencukupi, bisa saja anggaran tersebut telah dirubah, dan tidak diposting ulang.
      3. Anggaran tersebut benar telah dipertanggung jawabkan, namun lupa sppnya yg mana. Pastikan kemblai dengan melihat laporan realisasi anggaran pada laporan pembukuan.
      4. Pernah dibuat panjar atas kegiatan tersebut tapi blm di spj kan.
      5. Pernah dubuat spp panjar, dan di spjkan. Tapi kemudian spp nya dihapus tanpa terlebih dahulu menghapus. Spj
      Solusi
      1. Cek lagi laporan realisasi
      2. Cek lagi laporan buki bantu kegiatan
      3. Jika jumlah realisasi anggaran kegiatan tersebut melebihi jumlah yg di spp kan berarti yg terjadi adalah kemungkinan no. 5.
      Hal ini tidak bisa lagi diperbaiki melalui siskeudes. Memperbaikinya cukup rumit, jika berkenan silahkan kirim databasenya ke saya. Saya akan coba bantu

      Delete
  44. Pak, sya mau tanya. Sy sdh posting anggaran perubahan. Tapi pada saat sy mau buatkan spp defenitif untuk kegiatan angg. Perubahan nilainya knp 00?? Mohon pencerahana

    ReplyDelete
  45. Pastikan lagi postungannya sudah benar perubahan atau tahap 3
    Dan pastikan tanggal spp tersebut diatas tanggal posting tersebut

    ReplyDelete
  46. pak saya mau tanya
    perdes APBDes thn anggaran 2017 ditetapkan tahun 2016.
    knp di pelaporan anggaran tahun penetapan tertulis 2017, bagaimana cara agar thn penetapan dipelaporan tertulis 2016. trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanggal posting disesuaikan dengan tanggal penetapan APBDes

      Delete
  47. Pak, apa yang menyebabkan Format "smd" tidak dapat di import ke siskeudes kecamatan. Ketika di import terdapat pesan yang menyatakan terdapat kode rekkening tidak sah.

    ReplyDelete
  48. Berarti kode kegiatan atau rekening yang ada di komputer sumber atau komputer penerima tidak sinkron.
    Hal ini kemungkinan terjadi karena desa menambah kegitan atau rekening belanja sendiri

    ReplyDelete
  49. Pak, saya punya mslh pembuatan kwitansi untuk spp setelah apbdes perubahan. karena ada saldo belanja 1 kegiatan yang dikurangi untuk ditambahkan di belanja kegiatan lain.. misal saya mau buat kwitansi untuk blnja modal, ada peringatan "saldo anda kurang" dikarenakan saldo yang kurang it ada di belanja upah kerja yang stlh dilakukan perubahan apbdes dipindahkan ke akun belanja modal. solusinya gmn ya, pa ?. mhon pencerahannya.. trma ksih sblmnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya tidak salah mengartikan
      Pada saat perubahan, sebagian belanja upah dipindahkan ke belanja modal.
      Namun pada saat membuat kwitansi untuk belanja modal tersebut tetap saja sisa anggaran kurang, padahal sudah dipindahkan.
      Jika demikian kemungkinan karena belum posting anggaran perubahan, atau ada masalah pada saat posting perubahan, atau tanggal spp dibawah tg posting perubahan tsb. Solusinya ulang posting perubahan (terlebih dahulu hapus posting perubahan yg lama) kemudian buat lagi spp diatas tanggal perubahan tersebut.

      Delete
    2. Mkasih pa sblmnya sdh membls komen saya. apbdes perubahan udh diposting. emng bener klo tgl spp d bwh tgl posting. soalx saat pencairan tahap 1 blm ad perubhn apbdes. sedngkn 1 kegiatn yg akn diubah & ditambhkn anggarannya sdh dicairkn pd thp 1 yg mana sisa anggaran perubahnnya cair tahap kedua,sehingga ad tambhn kwitnsi d spp perubahan yg dananya harusnya d blnja modal, tpi msih tersimpan d belanja upah kerja.
      apakah posting ulang apbdes akan menghapus data2 yg ad di tahap penatausahaan, Pa ?.

      Delete
    3. Misal, anggaran untuk upah 5 jt.
      Kemudian pada perubahan anggaran dipindahkan 2 jt ke belanja modal. Akhirnya total untuk upah menjadi 3jt.
      Tapi ternyata pada saat spp tahap 1 sudah terlanjur memintakan upah senilai 5 juta.
      Maka, artinya ketika di posting pada tahap perubahan brlanja upah akan jadi minus. Dan seharusnya belanja modal jadi bertambah 2 juta, oenambahan ini hanya busa dilihat jika posting perubahan dan spp diatas tgl tsb.
      Posting tidak akan menghapus data2 penatausahaan, tapi hanya akan mrngganti jumlag anggaran

      Delete
    4. trma ksih sudh membalas, pa. saya sudh coba menggnti tgl spp d ata tgl posting. dan mencoba membuat kwitansi d atas tgl posting perubhn tpi tetp sj tdk bsa, pa. selalu ad notif "saldo anggaran tidak cukup, saldo tetap dgn nilai sblm perubahan.

      Delete
  50. Hapus dulu pencairannya pada menu
    Data entry
    Penatausahaan
    Pencairan spp
    Pilih spp yg akan di edit
    Doble klik di no spp
    Hapus bukti bukti pencairan
    Keluar dan spp wurah bisa diedit

    ReplyDelete
  51. Mohon Petunjuknya Pak, Saya Mengalami masalah pengimputan, Saya nggak bisa sama sekali mengimput data di Penatausahaan karna peringatan selalu muncul "Operation Must Use an Updateable Query",, Mohon Bantuannya Pak

    Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum pernah bertemu kasus seperti ini.
      Coba saja cara ini mana tau bisa jalan.
      Pastikan koneksi datanya ODBC
      Klik menu file
      Pilih koneksi data
      Pada tioe koneksi pilih odbc
      Test, ok
      Simpan, ok

      Atau cara ini
      Pastikan filenya tidak read only.
      Caranya
      Di windows explorer, tuju pada lokasi penyimpanan data.
      Kkik kanan pada database.
      Pilij properties,
      Hilangkan ceklis pada opsi read only
      Apply

      Delete
  52. Selamat malam pak mohon petunjuk, sy dari mojokerto kesulitan untuk mengisi SPP karena di kolom rincian tidak bisa di buka selalu muncul pemberitahuan "could not convert of tipe (null) into type (integer)" terimakasih mohon bantuan............

    ReplyDelete
  53. Maaf, saya masih kurang jelas kronologis atau tahapn yg filakuian sampai pesan error ini keluar. Kalo dilihat dari bahasanya, ada kolom yang seharusnya diisi tapi masih kosong, maka pada saat simpan keluar pesan error.
    Tekan tombol esc di keyboard, dan ulangi lagi.

    ReplyDelete
  54. Kemungkinan data tersebut sudah ada di database yg diberikan oleh admin kabupaten.
    Coba cek lagi di spp pembiayaan. Kalauu ada hapus saja.
    Kalau tidak bisa ditemukan berarti ada masalah di databasenya yg sudah tidak bisa diperbaiki melalui siskeudes

    ReplyDelete
  55. Pada Saat kita input SPP Panjar dan SPP Definitif dalam satu kegiatan dan satu penarikan, kenapa untuk SPP Panjar masuknya di Pencairan yang lalu....mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung tanggal pencairannya pak, yg lebih dahulu dicairkan itu yg dulu masuk.
      Kalau tanggalnya sama ini yg aneh. Jumlah lalu jadi bolak balik atas 2 spp tsb.
      Kalau kami tg pencairannya dubedakan pak

      Delete
  56. Saya mau tanya pak, bagaimana cara menghapus pengembalian sisa panjar sementara SPP panjarnya sdh terhapus lebih dahulu... Jdi yg muncul di Buka kas tunainya hanya pengembaluan sisa panjar. Mohon bantuannya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bisa lagi dari aplikasi, harus langsung dari database.
      Caranya rumit, dibutuhkan keahlian programmer.
      Kalau data belum terlalu banyak, bisa dihapus saja data penatausahaannya dari menu pengosongan data.
      Opsi kedua kalau datanya sudah banyak
      Kirimkan database ke saya untuk dicoba memperbaiki

      Delete
  57. Ass...mohon bantuan nya donk,saya mau tanyak ne soal pembuatan spp defenitif dan spp panjar.
    Apa sih perbedaan spp defenitif dengan spp panjar.???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lihat video tentang spj panjar dan spj defenitif, dari situ dapat ditarik kesimpulan perbedaan keduanya

      Delete
  58. Ass...saya mau tanya pa,cara pengisian spp apakah harus seperti RAB di masukan kebutuhannya atau hanya jumlah uangnya saja,terus di bidang pembangunan ada 5 jenis pembanunan yg sama contoh pemb mck dari ke 5 itu pagu anggaran nya 52juta,tapi saya buat sppnya satu satu ,misal yg a,permintaan 10jt,jdi sisa 42jt,atau setiap kegiatan mck masing2 tidak di satukan pagu anggarannya,di tunggu jawabanya trimks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jawabannya panjang jadi Silahkan lihat video tentang penatausahaan terutama tntang spp, tapi saran saya lihat semuanya karena saling terkait.
      Spp untuk rinciannya dipilih sesuai yg ada di rab., Untuk bukti diisi dengan apa yg tertulis di kwitansi. Mulai dari nominal, uraian, nama penerima dst.
      Kalau permintaan kegiatan yg sama dan dibuat serta ficairkan pada tgl yg sama maka akan kurang efektif, dan akan ada yg aneh pada lampiran sppnya,
      Mungkin lebih bai kalau mau dilaksanakan sekaligus, sppnya dibuat satu saja

      Delete
  59. Pak saprudin saya mau Tanya pernah ada gak kendala pengisian spp di spp panjar gal timbul pas print laporan do BKU ada the.,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak pernah nemu masalah ini pak, emang nya kenapa pak?

      Delete
  60. Malam pa !! saya dari Larantuka -flores NTT. mau tanya pa. kegiatan operasional kantor desa dengan dengan rekening : pembelian ATK bersumber dari ADD sebesar 2 juta (Pagu RAB APB desa.)dikarenakan pentransferan dana ADD pretriwulan tidak mencukupi untuk pembiayaan rek anggaran ini maka pengelola kegiatan hy membuat SPP panjar 500 rb triwulan 1. bagaimana pembuatan spp. pencairan dan Spj-nya serta potongan pajaknya untuk sisa dana tersebut pada saat pengelola kegiatan mengajukan spp panjar lagi sebesar 1.5 juta. mohon penjelasan dan solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pembuatan spp atas sisa yh 1.5 juta sama saja dg spp biasanya.
      Silahkan lihat lagi tulisan tentang Spp defenitif vs spp panjar di blog ini. Juga video tentang kedua spp tsb

      Umtuk pajak.
      PPN dikenakan atas belanja yang nilainya lebih dari 1 juta, dan ini dalam bentuk pembayaran yg tidak teepecah2, atau dalam 1 kwitansi. Dan kalau nilai kwitansi tsb lebih dari 2 jt maka selain ppn dikenakan juga pph 22.
      Dengan catatan nilai kwitansi tsb tidak tidak dipecah pecah dengan niat menghindari pajak

      Delete
    2. Terima Kasih banyak atas penjelasannya. nanti disimak tulisannya. GBU

      Delete
  61. selamat pagi Pa !! desa-desa diwilayah kecamatan ku masih menggunakan siskeudes offline. terkadang desa melakukan melakukan penguncian anggaran sendiri. 1)bagaimana menu itu dimatikan sehingga hanya admin kecamatan atau kabupaten yang melakukan. 2). pada proses mutasi kas ada biaya administrasi bank. ketika menginput biaya administrasi hanya muncul menu potongan pajak. bagaimana mengatasi masalah ini? mohon penjelasannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya menu posting dinonaktifkan oleh admin sebelum database diberikan ke masing2 desa. Silahkan hubungi admin kabupaten untuk tindak lanjutnya

      Delete
    2. Seharusnya menu posting dinonaktifkan oleh admin sebelum database diberikan ke masing2 desa. Silahkan hubungi admin
      kabupaten untuk tindak lanjutnya
      2. Coba lihat lagi video no 11. Kemungkinan karena pend bunga dan belanja admin tidak di inout di anggaran

      Delete
  62. Malam pak... sy liat ditutor riview anggaran knpa defisit silpa pak? Bukanya apbdes harus sisa 0 dan untk dana dr silpa penggunaanya lewat pembiayaan 2? Krn pd saat pnataushaan juga ada spp pembiayaan... sy bingung pak mhon pnjelasanya...

    Apbdes sy pak... untk pmbiayaan 1 nanti closing dananya menggunakan rab pembiayaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan defisit silpa, tapi dengan adanya silpa maka defisit antara penerimaan tahun bersangkutan dengan belanja bisa diseimbangkan, sehingga surplus/defisit pada barus terakhir menjadi nol artinya antara penerimaan dengan pengeluaran sudah seimbang.
      Sementara untuk menggunakan silpa tudak harus di pembiayaan 2.
      Karena pembiayaan 2 hanya jika akan mengganggarkan penyertaan modal, pembentukan dana cadangan dll pengeluaran pembiayaan, tapi bukanlah untuk kegiatan 4 bidang + 1 tak terduga.
      Bahkan tidak ada pembiayaan 1 pun pembiayaan 2 tetap bisa dianggarkan atau sebaliknya walau tudak ada pembiayaan 2, pembiayaan 1 tetap bisa dianggarkan sepanjang selisih antara penerimaan dg pengeluaran pada barus terakhir tetap seimvang alias 0.

      Delete
  63. sore pa!! Kami sementara mengikuti bimtek siskeudes, sementara aplikasi siskeudes yang terintal di laptopku siskeudes offline. bagaimana membuat apkilikasi siskeuedes menjadi online tanpa dengan tetap menggunakan aplikasi offline.

    ReplyDelete
  64. Assalamualaikum. Pak. mau tanya, saya operator siskeudes desa rembul kec. bojong Kab. Tegal.
    Permasalahnya seperti ini, terjadi perubahan APBDesa dan ada salah satu kegiatan yang pindah bidang yaitu Kegiatan Sistem Informasi Desa yang ada pada bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa di pindah ke bidang Pemberdayaan Masyarakat yaitu Kegiatan Pelatihan Teknologi Tepat Guna, akan tetapi ketika sudah dipindah dan ke bidang pemberdayaan dan membuat SPP rincian dananya tidak muncul. bagaimana cara mengatasinya. mohon di respon. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lakukan dulu posting tahap 3 atau tahap anggaran perubahan pak

      Delete
    2. terima kasih pak. ini sangat membantu.
      kemudian satu pertanyaan lagi. kenapa di laporan realisasi apbdes pada pembiayaan masih tetap kosong, padahal silpa itu sudah ada yang di cairkan dan sudah di spjkan. mohon pencerahanya.

      Delete
    3. Karena belum dijurnal
      Lihat lagi video 27 dengan seksama

      Delete
    4. oh iya pak, terimakasih. alhamdulillah sdh bisa mlakukan penyesuaian jurnal utk silpa meski ada kndala sdikit ketika mnambahkan akun neraca trjadi eror, tp sdh bisa diperbaiki.

      Delete
  65. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  66. Selamat sore pak.... sy mw bertanya. Bgni pak kan bendahara kami melakukan input di spp panjar kemudian dihapus.... ketika akan ditambahkan lagi... rincian kegiatan dan danax sdh tdk ada..kira2 kenapa yah pak? Mohon bantuanx pak. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan karena pada saat spp tsb dihapus, spj yang dibuat terkait spp tsb belum dihapus terlebih dahulu, sehingga walaupun spp nya sudah dihapus tapi kwitansi belanja yg diinput pada spj atas spp tersebut masih tertinggal dalam sistem.

      Delete
  67. Mau tanya pak..bagaimana carax kt menhapus spp definitif yg sdh dicairkan kt mau isi spp definitif yg baru..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau buat spp baru kenapa spp yang dicairkan dihapus lagi.
      Kalau spp baru tinggal tambah atau buat spp baru dengan nomor berikutnya
      Kalau mau merubah spp yang terlanjur dicairkan, maka hapus dulu pencairannya di menu Pencairan spp

      Delete
  68. Mohon maaf bukan SPP baru tapi spp yg udah dicairkan itu lupa kt isi potongan pajakx..

    ReplyDelete
  69. Udah kita hapus di pencairan spp..tapi tidak bisa diubah atau dihapus spp definitifx...katax spp udah dicairka...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya kalau pencairannya sudah dihapus, biasanya bisa diubah spp tsb.
      Coba pastikan lagi no spp yang dihapus pencairannya pak.
      Kalau emang telah terhapus prncairan spp bersangkutan tapi masij tidakbisa diubah, masf saya juga gak tau lagi penyebabnya. Kecuali saya biss periksa langsung databasenya

      Delete
  70. nggih bisa sy kirimkan data basex pak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan kirim ke oedean78@gmail.com

      Delete
    2. Mohon bantuannya Pak, Saya tidak bisa membuka BKU padahal saya sudah melakukan mutasi kas masuk pengambilan uang dari bank.

      Delete
    3. Jika yang dimaksud adalah bku tidak bisa dicetak, dan ada prdan error maka coba diganti tipe koneksi datanya.
      Pada menu file pilih koneksi data
      Pada tipe koneksi pastikan yang terpilih ODBC
      Test
      Ok
      Simpan
      Ok
      Ok

      Delete
  71. maaf pak saya mau tanya. kalo di bagian bidang pembangunan untuk cara pengisiannya apakah harus seluruh apbdes penuh atau tahap awal dulu/yg sudah realisasi. soalnya saya bingung menentukan kategori dari bidang kegiatan dgn belanja nya. trmks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di siskeudes seluruh anggaran harus di input, kalau bingung tentang posisi bidang dan kegiatan, maka harus konsultasi dengan kabuoaten

      Delete
  72. Minta nomor kontak nya pak. Trimakasih

    ReplyDelete
  73. Minta nomor kontak nya pak. Trimakasih

    ReplyDelete
  74. pak susunanya spj versi siskeudes gimana pak ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika yang dimaksud penyusunan spjnya, yang kami praktekan.
      Bukti transaksi atau spj kami satukan dengan spp nya masing-masing, dan kemudian spp beserta kelengkapan dan spjnya tsb kami bundel dalam satu map perkegiatannya.

      Delete
  75. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  76. Mohon bantuannya pak, knpa direalisasi gak masuk di pencairan padahal udh di realisasi...
    Contoh : saya kn bkin realisasi pencairan bulan 7, knpa masuknya di pencairan lalu, bukan masuk pencairan bulan ini, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ada pencairan lagi atas kegiatan yang sama setelah nya, maka pencairan tsb akan dianggap pencairan lalu

      Delete
    2. Pencairan bulan 6 saya 2jt pak, setelah saya pencairan lagi bln 7 saya 2.400.000 masuknya di pencairan bulan lalu, bukan masuk di bulan ini..

      Delete
    3. Pencairan bulan 6 saya 2jt pak, setelah saya pencairan lagi bln 7 saya 2.400.000 masuknya di pencairan bulan lalu, bukan masuk di bulan ini..

      Delete
    4. Pencairan bulan 6 saya 2jt pak, setelah saya pencairan lagi bln 7 saya 2.400.000 masuknya di pencairan bulan lalu, bukan masuk di bulan ini..

      Delete
    5. Aneh kalau sudah betul tanggal pencairannya tapi masih terbalik letaknya.
      Coba pastikan lagi tgl pencairannya.
      Jika spp dari kegiatan yang sama dicairkan pada tgl pencairan yang sama maka ada kemungkinan menjadi penyebab.
      1. Pastiksn regional seting sudah dipilih Indonesia di control panel dengan format date = dd/MM/yyyy
      2. Jika sudah dipastikan betul tanggal dan regiinal setingnya betul, maka maaf saya tidak bisa bantu, tapi jika format tanggal atau penulisan tanggal yang salah, silahkan perbaiki, dan hapus lagi pencairan di menu pencairan-browse dan uoangi lagi pencairannya yg betul

      Delete
  77. Mohon bantuan pak, saat pengisian SPP definitif sy tidak bisa mengisi rincian karena kosaong dan muncul peringatan could not convert variant of type (null) into type (string).

    ReplyDelete
  78. Salam pak. Moho pencerahannya. Saya Dari Provinsi gorontalo. Msih trmasuk awam dgn SISKEUDES. Mohon penjelasannya ttg Cara input Silpa trus untuk belanja mnggunakan silpa dmn pak.???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silpa diinput di pembiayaan 1,yang kami praktekkan adalah sulpa diinput sesuai dengan sumber dana nya. Di beberapa kabupaten lain mereka menginput hanya sebagai 1 sumber dana daja, misalnya dll. Dan ada juga kabupaten lain yg membuat parameter baru yaitu slp,artinya silpa tidak mereka gabung menurut sumber dana awalnya.

      Untuk anggaran brlanja.
      Ketika sudah diinput di pembiayaan1 maka silpa tersebut akan otomatis tergabung perhitunganya dengan penerimaan pada sumber dana yang sama.
      Misal silpa add 20jt. Dan penerimaan add 2017 adalah 200jt. Maka meskipun penerimaan add yang kita anggarankan afalah 200 jt tapai kita bisa menganggarkan belanja s.d 220 jt karena ada silpa add 20 jt.

      Untuk memastikan berapa dana yang bida dianggarkan di belanja, maka ketika proses oenganggaran, silahkan lihat laporan penganggaran persumber dana, cetak persumber dana tsb, dan lihat baris paling akhir berapa yang sisa yg masih bisa dianggarkan
      Pastikan baris terakhir tersebut menjadi nol yang artinya seluruh penerimaan dan silpa (kalau ada) sudah dialokasikan ke belanja.

      Delete
  79. MAU NANYAK NI PAK,,,KENAPA SETELAH SY CEK BKU PENGELUARANNYA BEDA DENGAN REALISASI DAN KWITANSI PENGELUARAN,KONDISI SAAT INI SIH BELUM SETOR /BAYAR PAJAK BARU PEMOTONGAN SAJA, MOHON PENJELASANNYA...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya total penerimaan dan pengeluaran BKU melebihi nilai spj ya pak?
      Memang demikian pak.
      Buku Kas Umum akan mencatat seluruh transaksi yang mempengaruhi saldo kas tunai.
      Seperti penarikan uang dari bank, pencairan spp tunai, penerimaan dan penyetoran pajak, dan transaksi tunai lainnya. Dan pastinya kalau dilihat total nya, pasti akan mrlebihi Nilai belanja di spp atau spj

      Gak masalah pak, yang harus diperhatikan adalah, jika (saldo bku + saldo bank) dikurang saldo pajak jika ada,
      Nilainya harus sama dengan saldo laporan realisasi.

      Itu baru laporannya betul. Jika tidak sama artinya laporannya belum balance atau belum sesuai

      Saldo laporan realisasinya dilihat pada kolom realisasi (kolom kedua dari kanan) bukan kolom paling kanan.
      Memang terkadang angka kolom ini dengan yang paling kanan bisa sama

      Delete
  80. Salam pak, mohon pencerahannya.
    Dalam mengisi apbdes perubahan, jika menemui kondisi seperti ini bagaimana ya :
    pendapatan sumberdana PBH sejumlah (misal) 16.591.000
    kemudian terdapat perubahan penerimaan sebesar 12.000.000

    dan selain perubahan jumlah penerimaan tsb, PBH tahun lalu (2016) yg blm cair, ternyata cair dan diminta untuk dimasukkan ke tahun ini (2017). sebesar 13 juta sekian.

    bagaimana ya pak dalam pengisiannya di apbdes perubahannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dalam PAK ubah juga anggaran pendapatan ya sesuai dengan kondisi setelah pak. Termasuk dana 2016 yang baru masuk tsb

      Delete
  81. Salam pak.. Data kenapa tidak mau di import ya pak.. Mohon solusinya pak.

    ReplyDelete
  82. Salam pak.. Data kenapa tidak mau di import ya pak.. Mohon solusinya pak.

    ReplyDelete
  83. Maaf pak, apakah boleh dalam perubahan merubah harga satuan item? misalkan harga semen yang awalnya rp. 60.000 karena adanya mekanisme pengadaan barang dan jasa menjadi rp.58.000, apakah boleh langsung dirubah, sehingga sisa dananya bisa dimaksimalkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh sepanjang nulai tersebut tidak lebih rendah dari nilai pemebelian nantinya

      Delete
  84. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  85. Hasil Print Out BKU nomor urut transaksi pertama penerimaan pajak, seharusnya Penerimaan Kas Tunai dulu, mohon petunjuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bku diurut kan berdasarkan tanggal kejadian, kemudian berdasarkan nomor terkecil terlebih dahulu,
      Jika kerjanya runut seshai tanggal kejadian dan sesuai dengan jenis transaksi nya, biasanya urutannya jadi betul, kalau tidak runut seduai kronologi skejadian atau transaksi apalagi kalau sering dihapus atau diedit, maka hasil cetaknya jadi seperti iti

      Delete
  86. Assalamualaikum...pak saya bertanya. Bagaimana merubah anggaran kegiatan yg sdh dposting?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau gang dimaksud merubah anggaran awal karena ada gang kurang pas, maka terlebih dahulu postingnya harus dihapus.
      Tapi kalau yang dimaksud mau melakukan perubahan anggaran dengan menghasilkan perdes yang baru atau perdes perubahan, maka tidak perlu menghapus posting

      Delete
    2. Ohhh... ia terima kasih banyak saranx pak...sangat membantu. sy menghapus posting dan merubah anggaranx....

      Delete
  87. Pak saya mau tanya nih gimana kalo silpa yg mau digunakan untuk biaya kegiatan (misal Rabat Jalan) kita masukan di mana apakah di pendapatan atau di pembiayaan1?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silpa tetap dianggarkan di penerimaan pembiayaan atau pembiayaan1
      Kemudian dianggarkan dibrlanja kegiatan seperti biasa.

      Delete
  88. Pak saya mau menghapus nilai kegiatan yang salah pada perubahan anggaran menjadi 0 tidak bs ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penyebabnya banyak pak, kira kira pesan kedalahannya apa.

      Delete
  89. Selamat malam Pak...
    Sya mw tanya apa penyebabnya di realisasi sdh muncul kegiatanx padahal Padahal SPPx blm di cairkan.
    Bgaimna solusix Pak mhon bantuanx...

    ReplyDelete
  90. Assalamualaikum ...
    Pak mhon bantuan nya...
    Saya sudah membuat APBDes perubahan ada penambahan biaya anggaran
    Saya mau membuat SPP definitif kok anggaran perubahan yang saya masukan tidak ada??
    Dan tidak bisa membuatt SPP definitif
    Bagaimana cara ny supaya Anggaran perubahan bisa dibiat SPP definitif ???
    Terimakasih sebelumnya.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan anggaran perubahan nya sudah diposting dan spp dibuat diatas posting perubahan tsb

      Delete
  91. Itu yang postingan sebelumnya harus dhapus dulu atau tinggal dtambahin sama postingan perubahan pak ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Posting yang lama tetap, kemudian diposting lagi ditahap perubahan

      Delete
  92. Udah di posting pak...
    Tp kok anggaran jadi ada yang minus ya pak ????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan bisa juga karena anggaran nerdangkutan fikurangi atau dihilangkan pada anggaran perubahan

      Delete
  93. Alhamdulillah udh bisa pak...
    Terima kasih ats bntuan nya...

    ReplyDelete
  94. Assalamualaikum pak, saya dari kab. Rokan Hulu, mohon bantuannya pak.
    Bagaimana cara merubah tanggal perdes yang sudah d posting.
    Kami posting tgl 9 mei, tapi bgtu spp d cetak yg muncul tgl 5 september.
    Antara bulan dan tanggal tertukar, padahal waktu posting kmrn sdh betul tanggalnya.
    Mohon bantuannya pak,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Pastikan regional setting komputernya sudah terpilih Indonesia. Caranya pada control panel cari region, setung eilayahnya jadi indonesia. Dan pastikan format tgl nya dd/MM/yyyy.
      2. Hapus posting yang lama dan ulang lagi postingnya

      Delete
    2. Kalau postingan yg lama sudah d kunci sama BPKP gmn pak?
      Mohon solusinya,,,

      Delete
    3. Minta tolong sama admin kabupaten

      Delete
    4. This comment has been removed by the author.

      Delete
    5. Kalau begitu minta solusi sama bpkpnya, minta meteka untuk uoang posting lagi karena ada kedalahan tsb, atau mungkin pihak bpkp punya solusi yang lain

      Delete
    6. Kalau begitu minta solusi sama bpkpnya, minta meteka untuk uoang posting lagi karena ada kedalahan tsb, atau mungkin pihak bpkp punya solusi yang lain

      Delete
  95. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  96. Pak maaf mau nanya lg ...
    Saat mau masukin pajak Pph pasal 21 malah ada tulisan "5.00 is not a valid floating point value" tidak bisa msukin pajak Pph 21 knp ya ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, saya belum pernah menemukan kasus seperti ini. Coba saja di ulang, dan pastikan inputnya benar

      Delete